Rangkuman Tulisan dan Pemikiran Seorang Victor Silaen (VS)

Victor Silaen’s Page

Visi Misi Politik

Visi Misi Dr.Victor Silaen Menjadi Calon DPD RI

Halo semua,
Soal visi dan misi, saya memang belum memikirkan dan menuliskannya secara rinci. Sebab, harap dipahami, visi dan misi yang rinci itu diperlukan lebih oleh seorang calon eksekutif (pres, gub, walikota/bupati) daripada seorang calon legislatif. Eksekutif adalah pelaksana, legislatif adalah pengawasnya. Eksekutif itu sendiri atau dua orang, legislatif itu banyak orang.
Jadi, sebagai (calon) legislator, visi saya yang terutama adalah mendorong eksekutif untuk melaksanakan visi misinya secara konsisten selama periode kekuasaan mereka. Misi saya adalah mengawasi mereka secara ketat, jangan sampai terjadi penyimpangan. Kalau terjadi penyimpangan, akan saya bawa ke proses hukum dan ekspose ke media2.
Kurang lebih begitulah. Seperti kasus STT Setia sejak akhir Juli lalu, misalnya. Kalau saya (saat ini) di DPD, akan saya panggil mulai dari Walikota Jaktim, Kapolres Jaktim, Kapolda Metro, Gubernur DKI, dll, untuk dimintai pertanggungjawaban secara terbuka.

Oke, visi memang ada. Yakni, membuat lembaga DPD setara dengan DPR, antara lain melalui Amandemen ke-5 UUD 45. Tentu saja dalam rangka itu saya akan mengimbau semua anggota DPD (dan kekuatan politik lainnya) untuk mendukung perjuangan ini.

Di luar itu apa? Sebenarnya sebagai legislator, tak perlu banyak mimpi (visi), karena sekali lagi, yang perlu banyak mimpi itu ya para pelaksana pemerintahan (ekeskutif). Tapi, kalau harus memaparkan visi saya, khususnya untuk DKI Jakarta, maka visi saya adalah: meningkatkan anggaran (kalau bisa mencapai 20% dari APBN/APBD) dan memeratakan pendidikan (kalau bisa lebih dari 9 tahun gratis), membuat kota ini bebas dari diskriminasi apa saja (khususnya agama), dan membuat kota ini bersih dari kelompok-kelompok preman.

Satu lagi, saya akan berupaya (nanti) untuk membuka ruang-ruang seluas mungkin bagi rakyat untuk menemui wakil rakyatnya di DPD. Baik dengan bertatapmuka, maupun lewat sarana telekomunikasi. Dengan demikian, rakyat dapat dengan mudah menitipkan aspirasinya untuk dibahas di sidang-sidang DPD.

Itu dulu, semoga membantu menjelaskan tentang apa motivasi saya ingin ke DPD. Yang jelas, sekali lagi, mohon dibedakan antara eksekutif dan legislatif.

Oh, ya, bagi saya, membuat dan merumuskan visi misi yang bagus-bagus itu relatif mudah. Soalnya, apakah nanti dapat diwujudkan atau tidak secara konsisten? Artinya, selain dibutuhkan ketangguhan, kegigihan, dan kemauan kuat orang tersebut untuk memperjuangkannya, diperlukan juga kesempatan beserta sistem dan prosedur-mekanisme yang mendukungnya.

Salam
Victor Silaen

  • Tools & Widget


    Victor Silaen Feedburner
    Statistik Blog